Sabtu, 29 April 2017

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang

cara mengembalikan aplikasi bawaan android yang hilang
Saat ini sistem operasi (OS) yang hadir di dunia gadget sangat beragam. Sebut saja OS Symbian, OS BlackBerry, sistem operasi Android,  Java, dan lain sebagainya. Masing – masing memang memiliki plus minus. Dari sekian banyak sistem operasi, yang sekarang sedang menjadi primadona di kalangan penggila gadget adalah OS Android.  Mungkin kawan Begawei adalah salah satu dari sejuta umat pengguna OS rekaan Google ini. Ya! Sistem operasi ini memang mempunyai banyak keunggulan, terutama pada fitur – fiturnya. Android berusaha mencuri perhatian melalui Maps, Search hingga browsernya yang diklaim jauh lebih ringkas dan cepat. Bahkan fitur – fitur milik Google ini kabarnya menjadi ancaman bagi perusahaan lainnya sekelas Microsoft dan Yahoo. Sama dengan kebanyakan sistem operasi, Android memiliki banyak pilihan aplikasi. Ada yang merupakan aplikasi bawaan perangkat, ada pula yang bisa anda hadirkan melalui unduhan di Google Play Store. Tapi, menjadi sistem operasi yang saat ini dielu – elukan, bukan berarti Android lepas dari hambatan begitu saja. Berbagai problem hambatan muncul. Misalnya sistem keamanan yang rentan karena OS ini termasuk sistem operasi open source. Belum lagi ketika Android anda sistemnya menjadi lemot. Masalah juga sangat mungkin datang pada instalasi aplikasi, termasuk ketika anda tiba – tiba kehilangan aplikasi bawaan Android. Kali ini, Begawei akan memberikan ulasan tentang cara mengembalikan aplikasi bawaan android yang hilang. Anda penasaran? Berikut detailnya. Diharapkan pemaparan Begawei mengenai cara mengembalikan aplikasi bawaan sistem android yang hilang ini dapat berguna kawan-kawan yang menyimak.


Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Sistem Android yang Hilang

Kawan Begawei sebelum memasuki cara mengembalikan aplikasi bawaan android yang hilang pastinya anda tahu bahwa Android membekali smartphonenya dengan berbagai macam aplikasi bawaan. Sebut saja messenger ala Google–GTalk, Document  Viewer, Maps, atau yang sangat usefull untuk mendeteksi keberadaan teman, yakni Latitude. Namun apakah anda pernah mendadak sibuk karena tiba – tiba kehilangan aplikasi – aplikasi bawaan itu tanpa sebab? Ada beberapa cara mengembalikan aplikasi bawaan sistem android yang hilang, kawan Begawei. Cara – cara tersebut bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mengetahui, penyebab hilangnya aplikasi bawaan Android. Penasaran kan dengan caranya? Simak ya penuturan Begawei dibawah ini untuk kawan-kawan semua.
  1. Aplikasi Bawaan Hilang karena Cache
Cara mengembalikan aplikasi bawaan android yang hilang ini akan berhubungan dengan file sampah. Cache atau yang dikenal dengan Dalvik cache, adalah file yang terus bertambah ketika kita membuka aplikasi Android. Dalam sehari, berapa kali anda membuka aplikasi pada Android anda? Wow… jadi bisa dipastikan bahwa cache yang muncul akan menumpuk. Tumpukan itu pasti juga akan memakan banyak tempat pada memori. Bukan hanya menghabiskan tempat pada memori, ternyata Cache juga cukup handal menyembunyikan aplikasi bawaan Android. Satu – satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan mengahapus cache tersebut. Kawan begawei yang menggunakan android versi 4.0 atau Kitkat, masuklah ke menu “Settings”,  lalu pilih “Apps”. Kemudian geser ke pilihan “All” dan pilih aplikasi bawaan mana yang tadi hilang. Buka dan pilih “Clear Data”.
cara mengembalikan aplikasi bawaan sistem android yang hilang
  1. Aplikasi Bawaan Hilang Karena Dihapus atau Terhapus
Nah kita sekarang masuk ke cara mengembalikan aplikasi bawaan sistem android yang hilang berikutnya. Untuk Kasus kedua ini adalah hal yang paling banyak ditemui. Anda buru – buru menghapus aplikasi bawaan, karena merasa tidak berguna dan menggantinya dengan aplikasi serupa dengan download di Google Play Store. Atau mungkin yang terjadi adalah anda sendiri yang secara tidak sengaja menghapusnya. Jangan khawatir, karena cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan aplikasi bawaan tersebut cukup sederhana. Inject (masukkan) lagi saja aplikasi bawaan yang terhapus  ke dalam sistem. Jangan lupa juga untuk merubah permissions nya.
  1. Crash dengan Aplikasi Lain, menghilangkan Aplikasi Bawaan
Android menyediakan banyak sekali aplikasi dengan fungsinya masing – masing. Baik sebagai aplikasi bawaan, maupun aplikasi yang bisa anda download sendiri. Teliti smartphone anda, kawan Begawei. Jangan – jangan ada aplikasi unduhan yang sebenarnya serupa dengan aplikasi bawaan. Hal itu justru bisa menyebabkan aplikasi crash, sehingga aplikasi bawaan Android ‘kalah” dan hilang. Cara mengembalikan aplikasi bawaan android yang hilang dalam kasus ini adalah pertama check terlebih dulu apakah crash nya menyebabkan kedua-duanya menjadi hilang atau tidak. Kalau iya, hapus salah satu dari kedua aplikasi tersebut. Deteksi kedua yang bisa dilakukan adalah, check apakah crash menyebabkan salah satu APK di system hilang. APK atau Android Package pada dasarnya berupa compress file seperti zip file, karena berisi dari kumpulan file. APK dapat diperoleh melalui berbagai metode, seperti menginstall sebuah aplikasi melalui Play Store.  Jika aplikasi hilang karena  compress file (APK) hilang, maka artinya salah satu aplikasi yang hilang itu tertumpuk dengan aplikasi yang sekarang ada. Jadi, anda bisa mengahapus aplikasi unduhan, untuk mendapatkan kembali aplikasi bawaan smartphone Android anda.
cara mengembalikan aplikasi android yang hilang
Seperti itulah penuturan Begawei mengenai cara mengembalikan aplikasi bawaan android yang hilang. Ketiga permasalahan tersebut sangat mungkin terjadi pada sistem Android pada smartphone anda. Dari tiga uraian masalah diatas, mana yang kira – kira membuat anda tiba – tiba kehilangan aplikasi bawaan pada Android anda? Sekarang sudah cukup mengerti kan, apa yang bisa kawan Begawei lakukan? Begawei berusaha membuat cara-cara termudah untuk dapat anda pelajari dan pahami serta anda praktekkan. Semoga cara mengembalikan aplikasi bawaan sistem android yang hilang sederhana yang Begawei sampaikan tadi cukup membantu anda mengembalikan aplikasi bawaan Android yang hilang.

Artikel Lengkapnya Disini
Share:

0 komentar:

Posting Komentar