1. Aktifkan microsoft Excel (Versi terserah saudara dan diasumsikan saudara sudah menguasai cara mengaktifkannya.
2. Buat lembar kerja
3. Buat tabel master di sheet1, lihat gambar berikut !
4. Keterangana bagian yang beri kotak kuning
* Kuning (filed NO) diabaikan karena tidak masuk dalam rumus
* Blok / range dari cell B5 sampai D10 yang diberi kotak warna kuning, klik kanan pada area range, pilih
Name a range........,lihat gambar berikut :
5. Ketik nama range jualbarang atau terserah anda, yang penting Anda harus ingat karena akan digunakan dalam rumus. Lihat Gambar berikut !
6. Klik OK
Selanjutnya kita siapkan tabel PENJUALANNYA di sheet2, seperti gambar berikut ini :
Perhatikan kolom yang berwarna biru, kolom D dan E. Di sinilah kita akan membuat rumus untuk penjualan. Langkahnya adalah :
1. Letakan Pointer di cell D6 :
Ketik : =vlookup(C6;jualbarang;2;false) enter
Ket : 2 merupakan kolom ke dua pada range "jualbarang"
Rumus ini digunakan untuk mengambil data Nama Barang ketika pada kolom kode di ketikan kode barang. Contoh : A maka di kolom nama barang otomatis terisi.
Duplikat rumus hingga cell D10
2. Letakn Pointer di cell E6 :
Ketik : =vlookup(C6;jualbarang;3;false) enter
Ket : 3 merupakan kolom ke Tiga pada range "jualbarang"
Duplikat rumus hingga cell E10
Rumus ini digunakan untuk mengambil data Harga Barang, ketika pada kolom kode di ketikan kode. Contoh : A maka di kolom Harga otomatis terisi.
3. Untuk mengisi kolom SUBTOTAL letakkan pointer di cells G6 :
Ketik : = E6*F6 enter
4. Untuk mengisi TOTAL letakkan kursor di Cells G11 :
Ketik : =sum(G6:G10) enter
Catatan : Tanda Titik Koma (;) pada rumus disesuikan dengan seting regonal pada Control Panel komputer saudara, tapi kalau tidak bisa Titik Koma gunakan Koma (,).
Demikian sedikit tips untuk membuat aplikasi penjualan sederhana menggunakan Microsoft Excel, semoga bermanfaat. Tips ini juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi lain.
Artikel asli bika disini
0 komentar:
Posting Komentar